Minggu, 04 September 2016

Program arimetika 1

Tutorial VB6 untuk membuat program untuk menjumlah 2 bilangan.
Buat form seperti dibawah ini :

Form diatas diinginkan program ketika "Command1" di klik, makan akan menjumlahkan angka dari "text1" dengan "text2" dan hasilnya dikeluatkan di "text3".

untuk itu klik dua kali pada "command1" sehingga muncul seperti ini

setelah muncul kotak untuk mengedit code, ketikkan program seperti pada gambar dibawah. catatan : penulisan huruf besar, huruf kecil dan simbol harus sama. jika tidak kemungkinan besar program akan error.

setelah selesai mari kita buat program jadi. Untuk mengubah form dan code project ini menjadi program yang bisa dijalankan seperti program windows lainnya, langkahnya seperti berikut :

klik File ->Make project1.exe -> pilih Desktop (tempat meletakkan program) -> beri nama pada kotak "File name" dengan nama algoritma1.exe -> klik OK
Bisa juga meletakkan hasil program pada tempat atau folder lain, Desktop dipilih karena lebih cepat untuk  menemukannya.

Cari hasil program yang dibuat tadi pada tempat meletakkan, pada contoh saya letakkan di Desktop. Setelah ditemukan jalankan program algoritma.exe dengan cara klik dua kali pada ikon, coba masukkan angka pada text1 dan text2 kemudian klik tombol command1. seharusnya menjadi program penjumlahan, jika muncul error periksa lagi program yang ditulis mungkin masih ada yang salah dan ulangi lagi proses sebelumnya

tambahan :
setelah berhasil membuat program penjumlahan, cobalah edit code menjadi program untuk pengurangan [-], perkalian [*], pembagian [/] dan mod atau sisa pembagian [%].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar